Berita

Peluang Bisnis UMKM Melalui Kolaborasi Tokopedia dan TikTok

USAHAMUSLIM, JAKARTA – Unit usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) telah menjadi tulang punggung ekonomi nasional dengan jumlahnya mencapai 64,2 juta unit, menyumbang sebesar 61,9% terhadap pendapatan domestik bruto (PDB). Dalam era digital, pertumbuhan pengguna dagang-el yang terus meningkat membuka peluang baru bagi UMKM untuk memperluas jangkauan promosi dan meningkatkan penjualan melalui e-commerce.

Proyeksi dari Statista Market Insight menunjukkan bahwa jumlah pengguna dagang-el diperkirakan mencapai 244,67 juta pada akhir 2027. Peningkatan ini menandakan potensi besar bagi pelaku UMKM di Indonesia untuk memanfaatkan platform e-commerce sebagai salah satu strategi dalam mengembangkan bisnis mereka.

Tokopedia, sebagai perusahaan dagang-el terkemuka di Indonesia, telah menjalin berbagai kolaborasi strategis untuk memperkuat bisnisnya. Kolaborasi dengan TikTok pada pertengahan Desember 2023 menjadi langkah strategis bagi Tokopedia untuk memberikan panggung kepada sebanyak-banyaknya pelaku UMKM. Melalui kolaborasi ini, Tokopedia berupaya agar produk dari UMKM semakin diminati oleh masyarakat luas.

Menurut Head of Communications Tokopedia; Aditia Grasio Nelwan seperti dilansir dari bisnis dot com,  Tokopedia berupaya memberikan panggung kepada sebanyak-banyaknya pelaku UMKM untuk menciptakan peluang usaha lewat platform Tokopedia agar produk dari para pelaku UMKM makin menjadi pilihan masyarakat.

Kolaborasi antara Tokopedia, TikTok,  Bank Jago  dan Bisnis Indonesia dalam menggelar pelatihan bertema “Selalu Ada Cuan Lewat Digital” menjadi bukti nyata komitmen mereka dalam mendukung kemajuan UMKM di Indonesia. Pelatihan ini akan dilakukan di tiga kota, yakni Yogyakarta (6 Maret 2024), Semarang (14 Maret 2024), dan Surabaya (28 Maret 2024).  Pelatihan ini memberikan kesempatan bagi pelaku UMKM untuk memperoleh tips strategi penjualan, edukasi penggunaan tools di Tokopedia dan Shop | Tokopedia di aplikasi TikTok, serta informasi mengenai keuntungan berbisnis melalui platform e-commerce tersebut.

Pelatihan ini terbuka bagi berbagai kategori usaha, termasuk kuliner, kecantikan, fashion, kerajinan, dan agribisnis. Dengan bergabung dalam pelatihan ini, pelaku UMKM memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka dalam memanfaatkan potensi e-commerce untuk mengoptimalkan bisnis mereka.

Jangan lewatkan kesempatan ini! Segera bergabung dengan pelatihan Selalu Ada Cuan Lewat Digital melalui link bit.ly/UpgradeSkillBersamaTokopedia.

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button