Inovasi Produk, Mengapa Harus ? Apa Manfaat dan Tujuannya ?
USAHAMUSLIM.ID, JAKARTA – Inovasi produk adalah sesuatu yang mutlak diperlukan sebagai upaya untuk mempertahankan omzet dan penjualan. Sekretaris Jenderal dari Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia, Deni Darmawan mengatakan, produk yang mengalami inovasi akan mendapatkan apresiasi dari para pelanggan, sehingga dapat menggaet lebih banyak konsumen dan mendatangkan keuntungan yang berlipat.
Sehingga dapat dikatakan bahwa, inovasi produk sebagai upaya yang dilakukan pelaku usaha untuk memperbaiki, meningkatkan, dan mengembangkan produk yang diproduksinya selama ini.
Menurut Bang Deni, produk yang dikembangkan tidak selalu dalam bentuk barang, tetapi bisa berupa peningkatan pelayanan.
“Jadi kedua-duanya memiliki kedudukan yang sama, dan harus dikembangkan. Kadang orang mengira inovasi itu hanya berkisar pada pengembangan produk dan barang saja, padahal berinovasi dalam mengembangkan jenis layanan pun termasuk hal yang tidak kalah pentingnya, dan sama-sama harus dilakukan oleh setiap pengusaha. Sebab walaupun produk Anda bagus, namun pelayanan kurang memuaskan pelanggan, bahkan mengecewakan, ya jelas omzet Anda akan terjun bebas,” kata Deni saat dihubungi media ini.
Menurut UU nomor 19 tahun 2002 bahwa inovasi merupakan suatu rangkaian pengembangan dengan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi ke dalam sebuah produk, jasa dan layanan usaha.
Inovasi suatu produk ini bisa terjadi karena beberapa hal, antara lain karena adanya feedback dari pelanggan, atau menciptakan produk-produk baru mengkombinasikannya dengan produk yang sebelumnya sudah ada, atau berkreasi dengan bentuk pelayanan yang lebih cepat dan praktis.
Proses inovasi terhadap produk dan layanan ini juga tercipta karena tuntutan pasar dan keadaan yang mengikuti perkembangan, selera pasar yang juga terus berubah dan menginginkan produk-produk yang memiliki kelebihan, penambahan vitur-vitur baru serta kelengkapan produk hingga mencapai kesempurnaan.
Rangkaian proses inovasi itu, menurut Bang Deni, semuanya dilakukan dengan cara melibatkan pengalaman, ilmu pengetahuan dan teknologi.
“Jadi kalau saya ditanya mengapa inovasi itu harus dilakukan? Maka jawaban saya adalah inovasi tidak sekedar harus, tapi itu adalah tuntutan bagi bisnis owners, untuk wajib selalu melakukan inovasi pada produk-produknya, sebagai bagian dari strategi pemasaran untuk menarik lebih banyak pelanggan, yang dengan sendirinya meningkatkan jumlah omzetnya.” Imbuhnya.
Inovasi yang dilakukan pada sebuah produk dan layanan, akan menjadi daya tarik terhadap minat masyarakat untuk mencoba dan menggunakan barang dagangan tersebut. Sekaligus inovasi ini berfungsi agar pemilik usaha (bisnis owners) tidak ketinggalan zaman, tidak tergerus oleh gelombang kemajuan, agar dapat mengikuti trend, sehingga perusahaanya mampu untuk terus bertahan.
“Banyak produk-produk yang sebenarnya bagus dan melegenda, tetapi ditinggalkan oleh pelanggan dan akhirnya mati, karena tidak bisa berinovasi,” pungkasnya.(UM)