Telkom Digitalisasi UMKM: OCA Lite untuk Bisnis Lebih Efisien
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kini menghadirkan OCA Indonesia, sebuah platform yang menyediakan solusi Customer Relationship Management (CRM) aman dan fleksibel, khusus bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).
Melalui OCA Interaction Lite, Telkom menawarkan CRM yang mudah diimplementasikan dengan fitur-fitur yang dapat disesuaikan kebutuhan bisnis UMKM. EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, menyatakan bahwa OCA Interaction Lite menjadi pilihan ideal untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Platform ini dirancang untuk membantu kelancaran bisnis sambil tetap menjaga lingkungan lewat efisiensi teknologi digital dan pengelolaan data yang lebih baik.
Telkom berkomitmen mendukung UMKM dalam memanfaatkan CRM digital untuk memperkuat hubungan pelanggan dan meningkatkan produktivitas. Dengan OCA Interaction Lite yang fleksibel, pelaku usaha dapat memaksimalkan teknologi untuk memperluas pasar dan daya saing.
“Fitur-fitur yang telah disesuaikan membuat platform ini lebih efisien, mengutamakan keandalan dan keamanan,” ujar Komang, seperti dilansir warta ekonomi pada Rabu (30/10/2024).
Di era digital, menjaga relasi dengan pelanggan menjadi kunci keberhasilan UMKM. Berdasarkan data The Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), digitalisasi CRM meningkatkan loyalitas pelanggan, mempercepat transaksi, dan memperluas pasar UMKM.
Penggunaan aplikasi CRM bagi UMKM juga berpotensi meningkatkan akurasi proyeksi penjualan hingga 42%, memperkuat komunikasi perusahaan, dan mempercepat pengambilan keputusan berkat data analitik yang lebih akurat. Komang menekankan bahwa memilih CRM harus sesuai dengan kebutuhan spesifik UMKM, misalnya untuk mempercepat operasional atau meningkatkan pelayanan pelanggan.
“UMKM sebaiknya memilih CRM yang mendukung skala bisnis mereka, seperti OCA Interaction Lite yang memungkinkan penyesuaian fitur sesuai kebutuhan, mulai dari integrasi media sosial hingga manajemen data pelanggan,” tambahnya.
Selain fitur-fitur yang relevan, Komang mengingatkan pentingnya mempersiapkan tim untuk mengelola CRM dan memperhatikan anggaran serta keamanan data. Dengan OCA Interaction Lite, UMKM bisa memilih paket sesuai anggaran bisnis tanpa mengurangi kualitas fitur.
“Kami menyediakan fitur lengkap dan keamanan data dengan standar tinggi, sehingga pelaku UMKM bisa fokus tanpa khawatir soal data,” tutupnya.