Profil Usaha

Mengintip Copywriter, Sosok di Balik Layar Iklan Kreatif

USAHAMUSLIM.ID, BOYOLALI – Produk iklan merupakan sesuatu yang tidak asing bagi kita. Hampir di semua media, baik TV, Radio, Koran sampai portal berita Online kita menemukan produk iklan. Demikian pula di tepi jalan raya berupa baliho dan brosur banyak iklan bertebaran di mana-mana.

Namun tidak banyak yang tahu, siapa yang ada di balik pembuatan produk-produk iklan tersebut. Mereka adalah para Copywriter.
Copywriter merupakan sebutan untuk mereka yang pekerjaannya menulis konten kreatif yang bertujuan untuk mempromosikan atau menginformasikan sesuatu produk jualan.
Seorang copywriter berperan dalam mempromosikan sebuah produk atau jasa, yang tentunya akan berhubungan dengan citra perusahaan atau brand tertentu.

Peluang dari usaha ini termasuk masih sangat luas, sebagaimana diungkapkan oleh seorang Copywriter, Tommy Hermawan saat dihubungi usahamuslim.id, pada Senin (05/04/2021) pagi ini.

Menurut Tommy, selama aktifitas perdagangan barang dan jasa masih berlangsung maka selama itu pula keberadaan Copywriter dibutuhkan banyak orang. Pekerjaan sebagai copywriter adalah pekerjaan yang berhubungan dengan target sasaran dan klien, mereka dituntut membuat konten iklan yang disesuaikan dengan target pasar yang dituju.

“Kita harus terlebih dahulu membuat survey-survey dan mempelajari sasaran dari iklan yang akan kita buat. Membuat produk iklan untuk anak kecil akan berbeda dengan membuat produk iklan untuk orang dewasa. Kita harus menempatkan diri ketika akan membuat konten. Seperti memposisikan diri sebagai anak kecil ketika membuat iklan untuk produk anak kecil. Selanjutnya, bagaimana kamu menempatkan diri sebagai orang dewasa untuk produk orang dewasa, dan berdasarkan itulah kita menetapkan tarif untuk sebuah produk iklan, “ beber Tommy.

Bekerja sebagai copywriter membutuhkan kemampuan dan keterampilan khusus, karena pekerjaan ini dapat berhubungan dengan surat kabar, media online, TV dan bahkan radio. Menjadi copywriter untuk media online akan berbeda dengan media TV dan Radio bahkan dengan surat kabar.

Membuat iklan untuk media online tentu akan membutuhkan banner iklan dan kampanye online. Maka dari itu seorang Copywriter dituntut harus memahami cara pembuatan iklan untuk berbagai jenis media yang berbeda-beda tersebut.

“Kami juga terkadang harus melakukan wawancara dengan klien atau sejumlah orang calon konsumen, ini berhubungan dengan pembuatan narasi dari iklan yang akan kita buat, seperti testimoni atau pengantar dari produk iklan yang sedang kita garap, guna menyesuaikan keinginan klien dengan konsep atau konten yang harus kita buat, dan menyesuaikan antara keinginan klien dan konsep kita buat, serta ketentuan dari biro atau agensi iklan yang ada, ini termasuk hal yang sulit, dan itu pula yang mempengaruhi besaran tarif dari sebuah produk iklan.” tambahnya.

Untuk mereka yang memiliki daya kreatifitas yang tinggi, sangat berpeluang untuk bekerja sebagai copywriter. Karena pekerjaan pekerjaan yang berhubungan dengan industri periklanan dan pemasaran ini menuntut tingkat kreativitas yang tinggi..
Pemasaran yang dimaksud bukan menjual produk atau sales tetapi lebih mengarah kepada bagaimana seorang copywriter memproduksi iklan untuk memasarkan produk orang lain.

Seperti yang dijelaskan bahwa pekerjaan ini berhubungan dengan citra perusahaan dan brand tertentu maka, kamu dituntut untuk memberikan konten yang menarik. Menarik di sini berhubungan dengan menarik untuk dibeli atau digunakan oleh konsumen.

“Selain kreatif dan inovatif, seorang copywriter juga harus akrab dengan deadline, sebab biasanya klien memberikan batas waktu pembuatan iklan dan kita harus menyelesaikan konten iklan sebelum sampai batas waktu yang ditentukan itu,” pungkas Tommy.

Tapi sesungguhnya Copywriter tidak hanya berhubungan dengan iklan. Seorang Copywriter juga kadang melayani penulisan artikel berita, untuk portal online maupun media offline. Sehingga pekerjaan sebagai copywriter tergolong sebuah industri kreatif yang memilik peluang yang masih sangat besar untuk ditekuni.

Baik untuk membuat konten iklan maupun membuat konten berita, seorang copywriter perlu melakukan sebuah pengamatan, observasi atau wawancara terlebih dahulu. Pengamatan diperlukan untuk mengetahui konten seperti apa yang akan dibuat, juga untuk menyesuaikan dengan sasaran atau segmen pasar dari isu yang sedang dijadikan fokus perhatian.

Sehingga konten yang dibuat baik berupa iklan maupun narasi berita harus memiliki sebuah penyesuaian. Tidak hanya kreatif namun konten juga harus mampu menjual atau menarik perhatian orang, dan di situlah letak kekuatan yang dimiliki para pekerja Copywriter ini. Mereka harus mampu mempegaruhi pembaca melalui desain gambar dan penggunaan kata-kata. (UM)

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button