6 Rahasia Membuat Story Brand yang Menarik
USAHAMUSLIM.ID,MAKASSAR – Setiap hari iklan produk beraneka ragam menjejali benak kita. Baik dari televisi, radio, majalah, koran, dan telepon seluler. Frekuensi iklan yang sangat sering ini menimbulkan rasa bosan yang justru mengakibatkan masyarakat menjadi abai kepada iklan tersebut, dan akhirnya menyulitkan berbagai promosi produk mendapat perhatian calon konsumen.
Maka Brand Storytelling menjadi strategi pemasaran yang menyegarkan di tengah-tengah masyarakat yang mulai jemu dengan iklan. Story Brand merupakan cara yang efektif untuk melakukan promosi tanpa membuat konsumen merasa bahwa mereka sedang diterpa oleh iklan.
Managing Director Insight First Asia Consulting, Rusdin S Rauf mengatakan, Brand Storytelling atau Story Brand dinilai lebih baik dibandingkan iklan dan promosi produk, karena lebih efektif untuk meningkatkan penjualan, menjadikan brand Anda masuk ke alam bawah sadar konsumen, mereka cinta mati dan rela antri untuk mendapatkan brand produk atau jasa Anda.
Untuk membuat sebuah Story Brand diperlukan langkah-langkah strategis, agar kisah yang Anda buat mampu membawa calon konsumen masuk ke dalam dunia bisnis Anda. Buatlah kisah secara jangka panjang dan konsisten berkelanjutan yang memuat apa saja yang Anda pedulikan, karena mempertahankan perhatian calon komsumen adalah tujuan utama dari story yang Anda buat.
Untuk membuat story brand yang baik, berikut adalah beberapa rahasia dan langkah-langkah yang harus Anda tempuh.
1. Buatlah Cerita dengan Bahasa Sederhana
Meskipun banyak orang menyukai kisah panjang dan rumit seperti sinetron, drama, horor, kisah mistik dan semacamnya. Namun hal itu tidak berlaku untuk brand storytelling. Buatlah cerita yang sederhana saja, karena itu akan terlihat lebih realistis dan lebih bisa dipercaya.
Kisah yang panjang dan rumit dalam pembuatan cerita justru akan mengikis kepercayaan calon konsumen. Sebuah Story Brand cukup dibuat atas tiga bagian besar saja, yaitu:
Bagian awal berisi masalah, di bagian ini anda ceritakan pokok masalah yang ingin Anda selesaikan.
Bagian pertengahan berisi alternatif solusi, di bagian ini Anda menjelaskan bagaimana produk Anda mampu menjadi solusi dalam menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi oleh calon konsumen.
Bagian akhir cerita berisi kesuksesan. Ceritakanlah bagaimana produk Anda telah memberikan pengaruh positif serta besarnya manfaat yang telah diterima oleh konsumen Anda. Tetapi bagian akhir kisah ini bukan penutup kisah yang sesungguhnya. Anda harus menunjukkan bahwa bagian akhir ini adalah merupakan awal dari kesuksesan yang berkelanjutan.
2. Libatkan Konsumen dalam Kisah Anda
Kisah yang Anda buat harus memiliki keterkaitan hubungan yang kuat dengan konsumen. Hal itu penting sebagai solusi bagi Anda untuk bisa terus bertahan di tengah sengitnya persaingan bisnis saat ini.
Kisah bisnis Anda harus terhubung dengan konsumen, maka buatlah kisah yang menarik hati dengan cara membuat mereka terlibat dalam kisah yang Anda buat. Misalnya dengan menuliskan sejumlah pengalaman dari beberapa konsumen yang telah rutin menggunakan produk barang maupun jasa Anda.
Metode pendekatan dengan melibatkan konsumen seperti inilah yang akan memudahkan Anda memasukkan brand Anda ke benak konsumen.
3. Tuliskan apa Keinginan Konsumen
Tulis dan ceritakan kisah Anda sedemikian rupa untuk memberi tahu bahwa merek produk Anda sangat memahami keinginan-keinginan para calon konsumen. Buatlah kesan bahwa merek Anda sangat mengerti permasalahan mereka, layaknya Anda berada di posisi mereka sebagai konsumen itu sendiri.
Ceritakan bahwa produk Anda akan selalu ada untuk konsumen dan terhubung dengan mereka. Oleh karena itu sebaiknya ide-ide yang Anda tuangkan dalam kisah history brand harus mampu menginspirasi konsumen.
4. Buatlah Segmen Kisah yang Menyentuh
Kisah cerita yang mengharu biru dan menggugah sisi emosional sangat digemari orang. Ini pula alasan mengapa sisi kemanusiaan itu menjadi sesuatu yang sangat mahal harganya. Dalam dunia percintaan remaja, seorang lelaki mampu menaklukkan hati seorang wanita pujaannya dengan menyuguhkan hal-hal yang bisa menggugah sisi emosionalnya, dan rupanya aturan itu berlaku sama untuk semua situasi.
Kisah yang Anda buat dalam Story brand akan menjadi menarik dan menjadi viral bahkan tidak terlupakan, ketika Anda dapat menyentuh sisi emosional konsumen. Konsumen yang mulai jenuh dengan promosi iklan yang serba instan dan monoton akan beralih menyimak kisah-kisah yang Anda buat, kerena mereka menangkap nilai-nilai kemanusiaan yang Anda tampilkan dalam kisah yang sangat menyentuh.
Sebuah kisah akan dianggap sebagai karya hebat dalam brand storytelling apabila dia mampu menjual produk dengan cara yang sungguh menyentuh emosi.
5. Buatlah Narasi yang Unik
Sebuah narasi dianggap unik apabila dia tersusun dari struktur kalimat yang baik, alur cerita yang lucu, moment-moment yang mengejutkan, mencolok, ekstrem, memancing rasa penasaran atau berisi kisah langka yang belum pernah ada sebelumnya.
Sisi-sisi unik inilah yang akan menghasilkan satu titik yang sulit dilupakan oleh konsumen. Jadi selain memperhatikan sisi emosional pembaca, Anda juga harus mampu menanamkan citra merek Anda pada konsumen dengan narasi yang unik.
6. Visualisasikan Merek Anda sebagai Sebuah Benda yang Hebat
Untuk langkah ini, Anda bisa membuat versi kisah yang menceritakan tentang seorang tokoh dalam cerita yang sedang mencari benda pusaka, lalu gambarkan merek Anda sebagai benda pusaka yang sedang dicari orang itu. Agar kisah dari merek Anda bisa terus berkesinambungan maka salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah memulai kisah Anda dari awal mula lahirnya merek Anda secara nyata, ceritakan mengapa merek Anda dicari-cari, uraikan apa saja kehebatan dari merek atau produk Anda.
Di kisah selanjutnya Anda bisa masuk ke cerita tentang alasan mengapa Anda memutuskan untuk memulai bisnis dengan menggunakan produk dengan merek yang Anda pakai saat ini, karena kehebatannya, karena keunikannya, karena manfaatnya dan lain-lain.
Ceritakan bagaimana merek atau produk Anda terus berusaha berkembang dan berusaha untuk terus terhubung dengan konsumen. Kisahkan semua proses perjuangan seseorang yang Anda personalisasikan sebagai tokoh yang telah menggunakan merek Anda itu terus maju menjalankan visi dan misinya. Sisipkan juga cerita bagaimana konsumen memberikan pengaruh yang mendukung kelancaran produk Anda dalam beradaptasi dan beroperasi.
Itulah enam langkah rahasia dalam menciptakan brand storytelling yang efektif, yang akan mampu mempengaruhi calon konsumen. Enam langkah menyusun sebuah kisah merek dagang yang akan memudahkan pesan Anda sampai kepada calon konsumen.
Brand storytelling yang kuat merupakan kunci komunikasi bisnis Anda dengan konsumen, pembuka pintu loyalitas konsumen kepada merek dagang Anda. Komunikasi yang baik antara Anda dan konsumen, merupakan hal yang harus Anda perhatikan sebagai rangkaian proses pengelolaan bisnis bersamaan dengan pengelolaan keuangan serta pengelolaan asset dan karyawan.
Tapi, hanya sedikit orang yang memiliki kemampuan membuat narasi kisah yang menarik. Tidak banyak orang yang memahami bagaimana membuat sebuah story brand yang baik. Tidak usah khawatir, ada banyak jasa penulisan yang menawarkan pembuatan brand storytelling yang siap membantu Anda. Salah satunya adalah “Redaksi MeTROdetik” yang bisa Anda hubungi melalui Whatsapp di 087-803-5-3333-8.
Jadi, tunggu apa lagi ? Buatlah kisah brand produk Anda semenarik mungkin, sekarang juga ! Hubungi “Redaksi MeTROdetik” di 087-803-5-3333-8.
Selamat berbisnis dan songsong sukses Anda.(UM)