Inspirasi Bisnis

Kisah Sukses Seorang Pelajar SMK yang Mencapai Penghasilan Ratusan Juta dari Berjualan Sayur

Muhammad Alfa Priandito, seorang pelajar SMK berusia 17 tahun dari Banaran, Gunung Kidul, Yogyakarta, telah mencapai kesuksesan luar biasa dalam dunia bisnis sayur. Meskipun masih duduk di bangku sekolah, Alfa mampu menghasilkan ratusan juta rupiah per bulan dari berjualan sayur.

Dia memulai usaha ini pada tahun 2022 dengan berinisiatif mencarikan sayur dari para petani setelah melihat kekurangan pasokan di pasar. Alfa mengambil sayur dan jamur langsung dari petani setelah jam sekolah, kemudian menjualnya ke pedagang di pasar.

Alfa menjelaskan bahwa pada masa kemarau, pasokan sayur menurun, namun sebelumnya bisa mencapai 200 kilogram jamur dan 500-600 kilogram sayur per hari. Harganya bervariasi, tergantung jenisnya, dengan cabai menjadi salah satu sayuran yang harganya tinggi.

Alfa memiliki empat karyawan yang membantunya dalam berbagai aspek bisnis, dan ia mengambil keuntungan sekitar 6-10% dari penjualannya. Meskipun sibuk dengan bisnis, Alfa tetap mengutamakan pendidikan dan mengatur waktu dengan baik antara sekolah dan usaha.

Penghargaan yang diterimanya adalah bentuk apresiasi dari pemerintah daerah Yogyakarta atas kontribusinya dalam mengurangi angka pengangguran di kalangan lulusan SMK. Alfa berharap dapat terus mengembangkan bisnisnya dan mungkin akan mempertimbangkan untuk melanjutkan pendidikan tinggi setelah usahanya stabil.

Awal Perjalanan Berbisnis

Alfa memulai usahanya sejak duduk di SD kelas 4, dengan menjual berbagai jajanan pasar seperti martabak dan donat. Kecintaannya terhadap dunia berjualan terus membawanya untuk menjalankan bisnisnya sampai sekarang. Meskipun ayahnya juga seorang pedagang sayur di pasar, Alfa melihat peluang baru ketika melihat petani lokal kesulitan menjual hasil panen mereka.

Inovasi dalam Bisnis

Dengan mendapat inspirasi dari kondisi petani, Alfa memutuskan untuk menjadi perantara antara petani dan pasar. Dia mencari sayur langsung dari petani lokal, membeli hasil panen mereka, dan menjualnya kembali kepada ayahnya yang merupakan pedagang sayur. Inovasi ini membantu para petani mendapatkan pembeli untuk hasil panen mereka dan juga memberikan Alfa penghasilan yang signifikan.

Tantangan dan Perjuangan

Meskipun berhasil dalam bisnisnya, Alfa juga menghadapi berbagai tantangan. Cuaca yang tidak mendukung dan keterbatasan pasokan air di daerah Gunung Kidul membuat hasil panen menurun. Namun, hal ini tidak menghentikan semangat Alfa untuk terus berusaha. Dia terus mencari solusi dan menciptakan proyek-proyek baru untuk tetap menghasilkan.

Dukungan dari Sekolah dan Keluarga

Alfa sangat bersyukur atas dukungan yang dia terima dari sekolahnya, terutama dalam pelajaran kewirausahaan. Dia juga merasa beruntung memiliki orang tua yang mendukung dan mengajarkan nilai-nilai penting dalam berbisnis, seperti ketekunan, kerja keras, dan kemandirian.

Pesan Inspiratif

Dalam akhir video, Alfa memberikan pesan inspiratif kepada para pelajar sebaya. Dia menekankan pentingnya untuk tidak malu-malu dalam berusaha dan menggunakan waktu sebaik mungkin untuk membantu orang tua serta mencapai kesuksesan. Baginya, kesuksesan bukanlah hanya tentang bekerja untuk orang lain, tetapi tentang menjadi bos bagi diri sendiri.

Kisah sukses Alfa Priandito menjadi inspirasi bagi banyak orang, terutama generasi muda, untuk berani bermimpi besar dan berusaha keras menggapainya.

Ceria lengkapnya bisa Anda lihat di video berikut

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button