Sahabat Berkah Teknik, Berbisnis dan Bermanfaat

USAHAMUSLIM.ID – Setiap layanan service AC yang diberikan oleh pihak penyedia jasa, selalu mematok harga yang berbeda-beda. Tarif yang bervariasi itu ditentukan berdasarkan pada jenis pengerjaan, lamanya pengerjaan serta tingkat kerusakan yang terjadi. Namun banyak pula teknisi AC yang seenaknya menentukan tarif yang tinggi. Hal ini biasanya dilakukan oleh oknum teknisi nakal, dan yang menjadi korban adalah costumer yang terpaksa harus membayar biaya yang mereka tetapkan itu.
Owner Sahabat Berkah Tekhnik, Ihsan Ahmadi kepada usahamuslim.id menjelaskan, sebaiknya pengguna AC ini perlu memahami faktor-faktor apa yang menentukan mahal dan murahnya harga service AC, agar tidak terjebak pada perilaku oknum teknisi nakal.
“Banyak kejadian, pengguna AC terjebak tiba-tiba ditodong dengan harga tinggi oleh teknisi AC setelah melakukan layanan service. Padahal tidak ada kerusakan sama sekali, unit AC hanya butuh dibersihkan saja, namun si teknisi meminta biaya penggantian spare part. Itu sebabnya, kostumer sebaiknya perlu mengetahui apa saja faktor penyebab kerusakan sebuah unit AC yang mereka gunakan.” jelas Ihsan
Sahabat Berkah Tekhnik, demikian brand dari usaha yang dirintis oleh Ihsan bersama timnya itu, adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa instalasi listrik bangunan, mengerjakan berbagai jenis layanan service dan pemasangan instalasi AC dan listrik, untuk bangunan rumah, ruko, kantor perusahaan dan mesjid.
Ihsan Ahmadi yang mengaku memulai bisnisnya ini dengan sendirian, kini bisnisnya telah berkembang dengan merekrut sejumlah SDM untuk membentuk sebuah tim kerja.
“Rasa prihatin melihat saudara-saudara kami yang sering menjadi korban ulah teknisi instalasi yang nakal itulah yang kami jadikan peluang dalam mendirikan usaha kami ini.” kata Ihsan.

Menurut Ihsan, selama ini muncul stigma negatif di tengah masyarakat terhadap petugas tekhnisi AC maupun instalator listrik maupun AC. Memang tidak dipungkiri, banyak sekali tekhnisi AC maupun instalator yang kurang amanah dalam menjalankan pelayanannya. Unit AC yang sesungguhnya hanya butuh dibersihkan, namun dikatakan harus ganti spare-part, harus menambah freon, dan berbagai trik lainnya dilakukan untuk menjebak kostumer agar dengan terpaksa membayar mahal.
Yang paling merugikan lagi adalah, tarif itu ditentukan setelah pengerjaan, sehingga mau tidak mau kostumer harus membayar tarif yang ditentukan oleh sang teknisi.
“Teknisi AC adalah sebuah pekerjaan yang memungkinkan orang itu masuk ke ruangan paling pribadi kostumernya. Karena umumnya unit AC itu berada di dalam kamar atau ruangan pribadi.”imbuhnya.
Sehingga orang yang menjalankan pekerjaan sebagai teknisi ini haruslah orang yang benar-benar amanah.
Banyak kejadian, kostumer kehilangan barang berharga setelah seorang teknisi AC masuk melakukan pemeriksaan dan service unit AC. Atau unit AC yang telah diperbaiki, tak lama kemudian rusak kembali, saat si teknisi dihubungi sulit tersambung, bahkan tidak jarang mereka dengan sengaja memblokir nomor kontak costumernya.
Stigma buruk itulah yang ingin diperbaiki oleh Ihsan melalui usahanya, Sahabat Berkah Teknik dengan mempekerjakan tenaga teknisi yang terampil, ramah bersahabat dan amanah.
“SBT berusaha menjadi mitra yang amanah dan terpercaya untuk semua kostumernya. SBT memberikan garansi perbaikan, penggantian spare part sampai relokasi unit secara gratis, bila dalam melakukan layanan servicenya, teknisi SBT menimbulkan gangguan terhadap unit AC yang telah ditangani.”ujar Ihsan.
Lebih lanjut Ihsan menjelaskan, bahwa bisnis yang dia bangun itu tidak semata-mata berorientasi profit, tetapi juga berorientasi pada kemanfaatan untuk umat, utamanya dalam mendukung kepentingan dakwah.
“Oleh karena itu, kostumer yang menggunakan jasa kami, itu artinya mereka ikut berkontribusi dalam mendukung dakwah, karena 10 persen dari omzet yang kami peroleh dari bisnis ini, kami alokasikan untuk kepentingan dakwah dan untuk kepentingan sosial.”pungkasnya.