
Tangerang — Mumtaz Creative kembali menyelenggarakan Halal Kulture Market (HaKa) di Hall 3A ICE BSD Tangerang, 24–26 Oktober 2025 dengan suguhan yang lebih interaktif, kolaboratif, dan relevan dengan gaya hidup muslim muda masa kini – siap menjadi aktivitas seru akhir pekan ini bagi keluarga muda dan komunitas muslim.
Dari Pameran Menjadi Communal Hub
Lebih dari sekadar pameran, Halal Kulture Market yang diselenggarakan sejak 2024 paralel di Jakarta dan Tangerang, telah bertransformasi menjadi sebuah communal hub — ruang hidup tempat komunitas dan individu dapat saling bertemu, belajar, dan tumbuh bersama dengan semangat “Halal, Meaningful and Fun.”
“Kami percaya banyak komunitas dengan misi positif yang sejalan dengan nilai-nilai Islam, tapi belum memiliki ruang ekspresi yang luas. Halal Kulture hadir sebagai wadah yang mempertemukan mereka dalam suasana yang kreatif, produktif, dan membawa positive vibes. Kami ingin HaKa menjadi tempat yang nyaman dan inspiring bagi siapa pun yang ingin bertumbuh bersama dalam semangat halal,” jelas CEO Mumtaz Creative, Agung Paramata di ICE BSD (24/10).
Dalam jumpa pers tersebut, Agung juga menyoroti potensi besar pasar halal segmen muda yang terus berkembang.
“Dengan jumlah generasi milenial dan Gen Z yang mencapai 53,8% dari total penduduk, dibutuhkan ruang komunal bagi mereka untuk berperan lebih aktif dalam memperkuat ekosistem halal nasional,” ujarnya.
Peran mereka tidak hanya sebagai konsumen cerdas di sektor fesyen, kosmetik, dan kuliner halal, tetapi juga sebagai trendsetter dan wirausaha kreatif di sektor digital yang dapat mengoptimalkan tren halal global.
Community Experience yang Lebih Inklusif
Untuk memperkuat community experience, HaKa 2025 hadir lebih inklusif dengan berbagai tema — dari kewirausahaan, pengembangan skill, hobi, hingga fiqih muamalah kontemporer — agar setiap pengunjung dapat merasa relate, menemukan insight, dan membangun kolaborasi baru.
Kolaborasi dengan Canva Indonesia melalui program Canvassador Creative Hub, salah satunya diharapkan bisa membangkitkan semangat kewirausahaan.
Ragam Produk Unggulan: Dari Syariah Finance hingga Creative Experience
Untuk mewadahi beragam minat tersebut, HaKa 2025 menghadirkan serangkaian aktivitas edukatif dan interaktif, seperti:
-
Corporate Strategy & Deal Structuring for UMKM
bersama Emil Reven (CEO Office Corporate Strategy Paragon Group)
“Buat bisnismu menarik di hadapan investor dengan pendekatan modern corporate finance untuk UMKM”
(Biaya Rp500 ribu, gratis untuk tenant exhibitor). -
Bootcamp Crypto Syariah
“1 hari pahami crypto dari nol – dengan cara halal dan sesuai syariah”
(Registrasi Rp550 ribu). -
Program Konsultasi Bisnis Syariah Bersama Halla
dengan Ustadz Ahmad Suryana & Devin Halim Wijaya, membahas akad kemitraan usaha, pembiayaan, investasi syariah, hingga zakat dan asuransi. -
Faedah Talk
bersama para asatidz: Ustadz Agus Hendra, Ustadz Abdurrahman Zahier, Ustadz Nurdin Apud Sarbini, Ustadz Abu Ubaidah Yusuf, dan Ustadz Yahya Badrussalam dengan tema aktual kontemporer muslim muda. -
Creative Workshop bersama Canva Indonesia
dengan dipandu oleh Rialdi Maulana dan Syammas Pinasthika, mengulas pembuatan konten estetik dengan nilai dakwah dan pemanfaatan Canva untuk UMKM. -
Muslim Calisthenics
Aktivitas games dan olahraga yang memadukan latihan fisik dan penguatan spiritual. Bangun Otot, Bangun Kebiasaan, dan Latih Keikhlasan. -
Saturday Morning Ride (Satmori)
Ride in Faith bersama Ustadz Harry Sadikin, membangun kesolidan antar komunitas biker muslim dalam suasana penuh semangat dan ukhuwah. -
Peluang Kemitraan
Talkshow “Peluang Kemitraan MFlash Store” untuk membuka bisnis gadget dan pelayanan purna jual.
Selain itu, bagi keluarga muda, HaKa menjadi wahana family time berkualitas bersama anak-anak. Kang Agung Tyo, Kak Erlan, dan Kak Yogi siap memberikan sharing santai yang edukatif membersamai anak-anak dan ayah bunda.
“Semua kegiatan dikemas interaktif dan aplikatif, dirancang agar pengunjung bisa langsung take action untuk hidup lebih produktif dan bermakna,” ujar Agung.
Kolaborasi Komunitas dan Brand Halal
Lebih dari sekadar wadah interaksi, Halal Kulture juga menjadi etalase brand-brand halal multiproduk dan komunitas muslim dari berbagai kegiatan dan hobi. Pun, HaKa menjadi ruang eksistensi jastiper yang menjembatani kegiatan promosi dan pemasaran produk halal.
Untuk fashion muslimah ada Yarka Indonesia yang menawarkan diskon all items sebesar 20 persen, diikuti juga oleh Lassofya, Sofniprive (Craft from European Flax Linen, certified by Master of Linen), Ulya Bayya, Yoora Sarah, Nia Collection, Alamwa, Assahwa, Al Fathsyah, Ghaisani Kids, Bylaynasyari, Sofni, Lozy, Hajar, Sashee, Sahaza Socks.
Untuk ikhwan, hadir Fadkhera, Muslim Madani, Samase, Beard Indonesia, dan Muslim Biker Indonesia (MBI).
Sinsen Cleaner memberikan layanan gratis cuci sepatu di area event, serta promo istimewa dari berbagai travel umrah & haji seperti Nasrotull Ummah, Al Fajr, Wafdullah, dan Thawafi Tour dengan diskon hingga USD 2000.
Bagi keluarga, hadir pula stand pesantren seperti PP Al Andalus, Annawawi Tegal, dan Ponpes Imam Syafi’i Tulungagung yang memberikan promo diskon uang pangkal Rp3 juta untuk pendaftar di lokasi.
Sementara untuk pecinta kuliner, Halal Kulture menghadirkan menu khas Timur Tengah dari Kuali Umee by Kak Yogi, Ar Rafah by Archeries, hingga madu murni Rawney Bees dan Suhayi yang dikenal kaya manfaat.
“Kami sangat terbuka bagi komunitas dan brand yang memiliki semangat serupa. Semakin banyak yang berkolaborasi, semakin luas pula kebaikan yang bisa kita sebarkan bersama,” tutup Agung Paramata.
Tiket Terusan 5 Event, Belanja dan Hiburan Lebih Hemat
Yang tak kalah menarik, dengan membeli satu tiket terusan seharga Rp35 ribu (Jumat) dan Rp50 ribu (Sabtu–Minggu), pengunjung bisa mengakses 5 event sekaligus:
Halal Kulture Market, Floii Expo, HomeDec, Indocomtech, dan Indonesia Golf Festival.
Momen ini tentu merupakan kesempatan berharga yang sayang dilewatkan untuk kegiatan produktif yang menyenangkan di akhir pekan ini.
Informasi lebih lanjut mengenai tiket dan jadwal acara dapat diakses melalui akun media sosial @halalkulturemarket.
Tentang Halal Kulture Market
Halal Kulture Market adalah sebuah initiative yang dihadirkan oleh Mumtaz Creative sebagai wadah bagi generasi muda muslim untuk mengeksplorasi, mempelajari, dan mengadopsi gaya hidup halal secara modern, kreatif, dan menyenangkan sesuai dengan Sunah.
Diselenggarakan sejak 2024 di Jakarta dan Tangerang, melalui konsep communal hub, HaKa bertujuan untuk membangun ekosistem positif yang menghubungkan brand, komunitas, dan individu dalam satu ruang kolaboratif.
Tentang Mumtaz Creative
Mumtaz Creative adalah penyelenggara event berbasis nilai-nilai Islam yang fokus pada pengembangan ekonomi halal, kolaborasi komunitas, dan gaya hidup kreatif.
Melalui berbagai program seperti Halal Kulture District dan Halal Kulture Market, Mumtaz Creative berkomitmen membangun ekosistem positif yang menghubungkan spiritualitas, kreativitas, dan kewirausahaan generasi muda muslim Indonesia.
