XL Axiata dan Smartfren Resmi Merger, Hadirkan XLSmart dengan Pangsa Pasar 25%

Jakarta – XL Axiata dan Smartfren resmi bergabung. Kedua perusahaan membentuk satu entitas baru bernama XLSmart. Penggabungan ini diumumkan pada Kamis, 17 April 2025. Merger tersebut disetujui dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 25 Maret 2025.
Setelah merger, XLSmart menguasai 25% pangsa pasar. Perusahaan juga menargetkan pendapatan proforma sebesar Rp 45,8 triliun. Hal ini disampaikan oleh CEO XLSmart, Rajeev Sethi.
Menurut Rajeev, merger ini dilakukan karena kedua perusahaan memiliki tujuan yang sama. Mereka ingin memberikan layanan terbaik untuk pelanggan. XLSmart kini mengusung slogan baru, yaitu “Bersama Melaju Tanpa Batas.”
“Ini akan menjadi semangat kami ke depan. Saya yakin, slogan ini akan mendorong kami untuk bergerak lebih cepat,” ujar Rajeev dalam konferensi pers di Hutan Kota by Pelataran, Jakarta.
Saat ini, XLSmart melayani 94,5 juta pelanggan di seluruh Indonesia. Selain itu, perusahaan juga memiliki sekitar 3.000 karyawan. Rajeev menegaskan, semua keputusan XLSmart berfokus pada kepuasan pelanggan.
“Kami ingin melayani pelanggan dengan lebih baik. Selain itu, kami juga ingin membawa Indonesia lebih maju dalam era digital,” jelasnya.
Sementara itu, Direktur & CHRO XLSmart, Jeremiah Ratadhi, menyatakan merger ini tidak hanya menyatukan jaringan. Lebih dari itu, merger ini membawa ide-ide baru dan membuka jalan bagi inovasi teknologi.
Visi XLSmart di tahun 2027 adalah menjadi perusahaan yang dicintai pelanggan. Mereka juga ingin menjadi tempat kerja terbaik dan penyedia layanan paling efisien.
“Kami ingin menikmati setiap langkah dalam perjalanan ini, bersama-sama,” tutup Jeremiah.