Berita

Selangkah Lagi Koperasi Makkah Resmi Beroperasi

USAHAMUSLIM.ID, MAKASSAR – Koperasi Makassar Berkah yang kemudian disingkat menjadi Koperasi Makkah, merupakan koperasi Konsumen yang mengusung konsep sinergitas berbagai unsur untuk menciptakan UKM – UKM yang mampu menjalankan usahanya sesuai syariat Islam, amanah, profesional dan bertumbuh serta memiliki daya saing yang handal.

Ketua Koperasi Makassar Berkah, Emir Paturusi yakin, konsep itu akan mampu membawa keberkahan bagi semua pihak yang terlibat di dalam koperasi yang sejalan dengan namanya, yakni Koperasi Makassar Berkah.

Saat ini, peroses pendirian koperasi ini tengah memasuki tahap pengurusan untuk penerbitan izin oleh notaris, menyusul beberapa hari lalu jajaran pengurus koperasi Makkah telah pula melakukan audiensi dengan dinas koperasi kota Makassar, guna meminta arahan dan pentunjuk lebih lanjut.

“Program awal yang akan kita jalankan adalah, Entrepreneur Recover (ER), yakni sebuah program yang bertujuan untuk mengupayakan agar para pelaku UKM menjadi pengusaha yang memahami kaidah kaidah muamalah yang benar dan syar’i.” ujarnya.

Adapun kaidah-kaidah muamalah yang dipandang perlu difahami oleh setiap pengusaha muslim antara lain,

  1. Sistem bermuamalah harus sesuai dengan Syariat Islam, serta bisa menjalankannya.

Tujuannya adalah untuk pembentukan karakter enterpreneurship religius. Hal ini sejalan dengan program Makassar Recover yang tengah digalakkan pemerintah kota Makassar saat ini memuat upaya pengembangan adaptasi sosial dan pembangunan karakter.

2. Paham akan pentingnya Aspek Manajemen Pemasaran, Keuangan, Operasional dan SDM, serta mampu menginterpretasikan untuk usahanya.

Tujuannya adalah untuk menjadikan sosok pengusaha yang cerdas dan Profesional. Keterkaitannya dengan Program Makassar Recover, yakni bertumpu pada upaya pemulihan ekonomi pasca merebaknya pandemi covid.

3. Paham akan pentingnya pemasaran melalui media digital (Digital Marketing) dan bisa memanfaatkan seluruh media sosial dan digital.

“Insya Allah, besok kita akan urus semua legalitas pendirian koperasi ini, saat ini kami sedang mengumpulkan sejumlah KTP untuk kelengkapan berkas pengurusan penerbitan surat izin dan akta notaris,”imbuh Emir

Secara spesifik, Koperasi Makassar Berkah ini juga memiliki sejumlah program kerja, yang antara lain:

1. Enterpreneur Recover
2. Sembako Murah utk UKM.
3. Kredit Produktif.

“Program yang kita buat itu, bertujuan untuk mensupport pengadaan sembako seperti beras, telur dan sebagainya dengan harga murah, caranya yakni memangkas jalur distribusi, sehingga pelaku UKM bisa lebih bersaing. Dan kita juga akan menyediakan pembiayan produktif sesuai syariah.” pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui, pemahaman tentang kaidah Muamalah menjadi landasan utama dalam pendirian koperasi Makassar Berkah, pasalnya dari kerangka itulah manusia diberi kebebasan berusaha di muka bumi ini untuk memakmurkan kehidupannya.

Dengan makin banyaknya usaha-usaha manusia yang berhubungan dengan barang dan jasa, serta jenis-jenis transaksi yang makin beraneka ragam seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi. Melahirkan tuntutan yang makin meningkat, serta kebutuhan akan penyelesaian dari sisi hukum Islam.

Penyelesaian yang di satu sisi tetap Islami dan di sisi lain mampu menyelesaikan masalah kehidupan yang nyata. Sudah tentu caranya adalah dengan mengguanakan kaidah-kaidah muamalah yang benar sesuai dengan contoh dari Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam.(UM)

Show More

Related Articles

One Comment

  1. Bagus konsepnya dan saya dukung.. tapi sebaiknya recovery dulu dg baik koperasinya baru ukm nya… Krn biasanya yg bermasalah itu bukan ukm/anggotanya tapi koperasinya/pengurusnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button