Digital Marketing Strategi Penarik Pelanggan Jaman Now
USAHAMUSLIM.ID, JAKARTA – Digital marketing adalah sebuah sistem pemasaran zaman now. Di era digital seperti saat ini, hampir semua perusahaan di dunia telah menggunakan strategi pemasaran ini. Alasannya, cara ini lebih cepat, lebih mudah dan lebih luas menjangkau konsumen.
Sebagai pengusaha, Anda akan tertinggal jika tidak menerapkan prinsip digital marketing strategy ini. Sebuah strategi terkini yang bertujuan untuk mengembangkan usaha.
Director of Sales and Marketing at Qutor (National Logistics and Technology), Diego F. Pattiselanno mengatakan, digital marketing sangat berpengaruh terhadap closing penjualan karena lini yang ditargetkan memiliki cakupan lebih luas.
“Anda bisa melihat perbandingannya dengan jelas, antara pengusaha yang menerapkan digital marketing dengan pengusaha yang tidak menerapkan strategi ini. Bisa dipastikan, mereka yang menerapkan strategi tata kelola usaha dengan jaringan digital memiliki prospek yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang tidak menerapkannya.”
Demikian dikatakan Diego saat menjadi pemateri dalam acara ‘ngobrol bisnis KPMI” melalui aplikasi zoom meeting, Sabtu, 21 Agustus 2021 lalu.
Dikatakannya, strategi digital marketing sangat mudah diterapkan, bahkan bagi pemula sekalipun, karena metodenya cukup dengan memanfaatkan media sosial. Untuk lebih jelasnya, maka berikut kami akan uraikan 4 metode penerapan digital marketing untuk para pemula.
1. Manfaatkan Media Sosial
Anda tentu sudah memiliki social media, bukan ?
Hampir semua orang saat ini memiliki satu atau lebih akun media sosial, seperti Facebook, whatsapp, telegram, instagram, twitter, email dan lain-lain. Alangkah ruginya bila Anda hanya memiliki, namun tidak memanfaatkannya untuk berjualan.
Hal yang wajib dan utama yang harus Anda lakukan, ketika ingin menerapkan strategi digital marketing, adalah memanfaatkan media sosial Anda untuk berjualan. Alasannya, dengan jangkauannya yang luas serta penggunanya yang banyak, menjadikan media sosial sebagai media yang sangat potensial untuk dijadikan sebagai sarana berpromosi dan menawarkan produk dan jasa Anda.
“Anda bisa mulai mempelajari cara kerja setiap media sosial, lakukan riset tentang siapa saja penggunanya, dan perhatikan bagaimana mereka berinteraksi, selanjutnya Anda bisa membuat konten-konten yang terkit dengan produk dan jasa yang Anda tawarkan,” jelas Diego.
WhatsApp, adalah salah satu contoh media sosial yang bisa Anda manfaatkan. Penggunanya yang cukup banyak, sehingga efektif untuk strategi digital marketing. Namun sebaiknya jangan menggunakan WhatsApp reguler, tapi gunakanlah WhatsApp Bisnis. Alasannya, banyak fitur khusus yang dimiliki seperti profil bisnis, dari katalog sampai statistik pesan.
2. Buat konten marketing
Pembuatan konten terkait produk dan jasa ini dinamakan sebagai konten marketing. Adapun konten yang Anda buat, bisa dalam bentuk caption, disertai foto produk berkualitas terbaik, video, animasi, infografis, kombinasi video dan caption, banner dan sebagainya.
Untuk membuat konten menarik, Anda bisa menggunakan jasa copywriter. Yaitu, orang yang bekerja membuat copywriting, atau membuat tulisan artikel yang menarik dan persuasif agar makin banyak orang yang mengenal produk dan jasa Anda, lalu tertarik membeli produk yang Anda tawarkan.
Artikel konten copywriting bisa Anda gunakan pada semua flatform media sosial, mulai dari blog, website, newsletter, post media sosial seperti facebook, instagram, untuk deskripsi video youtube dan lain-lain.
Untuk membuat artikel konten yang baik, maka Anda perlu memahami terlebih dahulu produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan, lalu fahami pula kebutuhan audiens, buatlah judul “headline” yang memikat, tuliskan lead atau kalimat pembuka yang menarik, lalu akhiri tulisan Anda dengan kalimat persuasif, atau kalimat yang membujuk atau meyakinkan orang untuk melakukan tindakan yang Anda inginkan.
3. Membuat Website
Ketika Anda ingin menjalankan strategi digital marketing, maka elemen penting yang wajib Anda miliki adalah website. Website adalah pusat kegiatan bisnis online yang Anda bangun. Dia bukan hanya sebagai identitas online, tetapi juga merupakan reputasi online yang baik dan profesional.
Ada banyak platform yang bisa Anda gunakan dalam membuat website. Salah satu yang paling mudah adalah dengan menggunakan WordPress. Anda cukup membeli domain dan berlangganan hosting, dan tanpa menunggu lama, website Anda pun siap untuk Online. Selanjutnya tinggal Anda update dengan artikel terkait produk barang atau jasa yang Anda jual.
“Saat ini, setiap orang rata-rata menggunakan internet selama 8 jam setiap orang per hari. Dan yang paling banyak diakses adalah website. Mereka membuka website untuk mencari berbagai macam informasi, berita maupun artikel terkait produk yang mereka butuhkan, utamanya ketika terjadi pandemi saat ini, jumlah pengguna internet meningkat drastis,” imbuh Diego.
4. Membangun buyer persona
Buyer persona adalah profil representasi dari target pasar untuk produk Anda. Dengan memiliki buyer persona, maka langkah promosi yang Anda lakukan bisa lebih tepat sasaran. Untuk membangun buyer persona, anda harus memulainya dengan melakukan riset. Mulai dengan mengumpulkan data demografi, tingkah laku, kepribadian, hingga bagaimana cara mereka dalam mengambil keputusan saat membeli sebuah produk.
Langkah-langkah ini akan sangat membantu Anda, terlebih ketika Anda memperkenalkan produk Anda ke pelanggan. Proses implementasi strategi bisnis anda pun bisa berjalan lebih mudah.
Buyer persona ini bisa Anda bentuk mulai dari saat Anda berinteraksi melalui media soal. lalu di saat Anda membangun website, Anda sudah bisa menentukan segmentasi dari buyer persona, dengan melihat tingkat kunjungan website, memperhatikan statistik serta melihat data audiens yang meliputi jenis kelamin, usia, jenjang pendidikan dari audiens yang mengunjungi website Anda.
Elemen-elemen yang Anda butuhkan untuk membangun buyer persona ini meliputi, data pribadi, tingkah laku serta kebiasaan berbelanja dari audiens. Namun masih banyak elemen lain yang bisa Anda tambahkan untuk membangun buyer persona. Bisa juga dengan melakukan interview langsung kepada calon target konsumen guna memperoleh informasi yang lebih spesifik.
Memang tidak mungkin Anda mengenal satu per satu setiap pelanggan Anda. Buyer persona bukan untuk mengenal setiap pribadi pelanggan, tetapi hanya untuk mewakili setiap segmen umum dari kelompok yang menjadi target market Anda.
Buyer persona hanya sebagai acuan untuk mengetahui sampai sejauh mana produk dan jasa Anda dibutuhkan oleh pelanggan, dan bisa memberikan manfaat.
Kalau mau diuraikan, maka fungsi buyer persona, kurang lebih seperti berikut ini;
- Memudahkan proses identifikasi kebutuhan dan keinginan konsumen.
- Memudahkan anda memahami perilaku dan kebiasaan konsumen, yang nantinya akan menjadi bahan bagi Anda dalam menyusun strategi promosi dan pemasaran.
- Memberikan peluang bagi Anda melahirkan produk baru
- Membantu Anda membangun interaksi dengan audiens atau calon pelanggan.
Itulah empat elemen yang harus Anda miliki dalam menyusun strategi marketing digital. Lebih jauh Diego F. Pattiselanno menegaskan penerapan digital marketing ini cocok diterapkan bukan saja oleh perusahaan besar, namun semua pebisnis UMKM juga wajib menggunakan strategi ini dalam menjalankan bisnis mereka.
“Ini penting, karena saat ini semua orang Indonesia rata-rata menggunakan internet selama 8 jam per hari. Nah, tidak mungkin selama 8 jam itu mereka hanya menonton iklan, bahkan kebanyakan orang mengabaikan iklan. Kebanyakan orang menggunakan internet untuk membaca artikel yang menarik. Maka di situlah pentingnya kita memahami bagaimana membut artikel menarik, yang sesungguhnya di dalamnya kita selipkan promosi maupun memperkenalkan produk. Metode seperti ini biasa juga disebut sebagai soft selling.” Jelas Diego. (UM)
Kata Pencarianhttps://usahamuslim id/digital-marketing-strategi-penarik-pelanggan-jaman-now/