Apa Perbedaan Segment Pasar dan Target Pasar dan Untuk Apa?
USAHAMUSLIM.ID, Kediri – Bagi Anda yang bekerja di bidang pemasaran atau bergelut dengan strategi pemasaran, maka pasti Anda telah akrab dengan istilah segmentasi pasar dan target pasar. Meskipun kedua istilah tersebut saling terkait dan merupakan bagian dari proses pemasaran yang sama, namun keduanya memiliki perbedaan yang mencolok.
Ibarat sepasang sejoli, maka keduanya memiliki banyak perbedaan namun juga saling melengkapi. Maka penting bagi Anda yang bersinggungan dengan masalah pemasaran bisnis untuk memahami nuansa dan perbedaan antara segmentasi pasar dan target pasar sehingga Anda dapat mendefinisikannya dengan baik serta menggunakannya secara efektif untuk bisnis Anda.
Secara definisi kita dapat menemukan perbedaan yang sangat mencolok dari Segmentasi pasar dan Targeting pasar.
Segmentasi pasar adalah proses pengelompokan target pelanggan menjadi beberapa kelompok dengan segmentasi yang berbeda berdasarkan karakteristik tertentu. Atau bisa juga dikatakan bahwa segmen pasar adalah sekelompok orang yang diprediksi akan membeli produk dari bisnis kita.
Sedangkan targeting pasar adalah sekumpulan orang yang memiliki kebutuhan yang sama atau karakteristik yang sama, dan telah ditetapkan oleh perusahaan untuk dilayani. Target pasar ditetapkan setelah perusahaan melakukan serangkaian evaluasi terhadap sejumlah segmen pasar, yang kemudian terpilihlah satu atau lebih segmen untuk dimasukkan sebagai kelompok orang yang diproyeksikan memiliki kebutuhan yang sama dan diperkirakan akan membeli sesuatu di pasar, yang kemudian dijadikan sasaran untuk dilayani oleh pihak penjual.
“Bahasa sederhananya, target pasar adalah sekumpulan orang dari segment market yang telah kita coba dan mereka telah melakukan pembelian pada produk kita,” jelas Abu Mirza, Praktisi Digital Marketing dari kota Kediri.
Meskipun keduanya memiliki perbedaan yang sangat mencolok, namun antara segmentasi pasar dan target pasar, keduanya merupakan elemen penting dari keseluruhan strategi pasar bisnis.
Menurut Abu Mirza, untuk tercapainya keberhasilan dalam mengembangkan strategi pemasaran, maka perusahaan perlu mengidentifikasi dengan baik segment market dan target market ini.
“Ibarat kita ingin memenangkan peperangan, maka kita harus mengenali siapa musuh kita. Kita tidak akan bisa memenangkan pertempuran bila tidak mengenal siapa musuh kita. Sama halnya ketika kita berbisnis. Kita tidak mungkin sukses berbisnis, bila tidak mampu mengidentifikasi mana pelanggan kita, dan siapa saja target kita,” imbuh Abu Mirza.
Kesimpulannya adalah, Segmentasi dan Targeting adalah bagian dari Strategi Marketing, yang akan menentukan positioning dari bisnis Anda. Fokus utama dari konsep ini adalah menitikberatkan pada bagaimana seorang marketing melakukan pemetaan tentang siapa yang akan menjadi sasaran tembak pasar mereka.
Segmentasi, Targeting dan Positioning atau STP inilah yang diterjemahkan menjadi sebuah Strategi pemasaran yang memuat serangkaian metode untuk mencapai target dengan tepat sasaran. Metode yang memuat sejumlah kebijakan dan aturan yang mengarahkan perusahaan Anda untuk mencapai terget pemasaran secara kontinue dari waktu ke waktu, berdasarkan tingkatan dan acuan alokasi sebagai tanggapan perusahaan dalam menghadapi lingkungan dan keadaan persaingan yang selalu berubah.
Mengapa harus ada Segmentasi dan Targeting?
Karena seorang marketing menyadari bahwa perusahaan tidak mungkin dapat memenuhi semua keinginan dan kebutuhan pembeli di pasar dengan karakteristik yang berbeda-beda, demikian pula dengan hal cara pelayanan yang tidak mungkin sama untuk semua orang.
Maka dengan karakteristik yang berbeda, jumlah pembeli yang terlalu banyak, jangkauan yang terlalu luas, dan memiliki kebutuhan dan praktek pembelian yang beragam, maka perusahaan harus mengidentifikasi bagian pasar mana yang dapat dilayaninya dengan baik dan paling menguntungkan.
Perusahaan juga harus merancang dan menentukan satu strategi pemasaran yang nantinya akan diterapkan dalam melayani pelanggan untuk membangun hubungan yang benar dengan pelanggan yang tepat.(UM/Kh)